setiap tujuan selalu memiliki proses dan membutuhkan waktu yang cukup untuk mencapai tujuan tersebut. misalnya, untuk menjadi seoarang pengusaha, ada proses jatuh bangun yang melelahkan.

banyak orang bermimpi ingin menjadi pengusaha sukses tapi proses itu sendiri yang menjadi penghalang. banyak orang menyerah hanya karena gagal sekali atau dua kali. padahal itu sebuah proses. bukan berarti ketika gagal sekali terus itu artinya anda tidak akan berhasil.

contoh lain, untuk menjadi seorang dosen, ada proses pendidikan. harus sekolah sd dulu lalu smp, sma, sarjana dan pendidikan lainnya. sampai kapan ? sampai layak menjadi dosen. nggak bisa baru lulus smp langsung ngelamar jadi dosen. aneh!

intinya: apapun tujuannya minumannya tek botol. eh

orang-orang yang menginginkan hal yang instan, biasanya mereka melakukan cara-cara yang gampang. banyak orang mengambil jalan pintas untuk mendapatkan yang mereka inginkan.

tetep aja nanti jatuhnya kejalan yang tidak benar. korupsi, pembohongan, curang, perdukungan salah satu dari sekian alasan yang dilakukan banyak orang. mereka ingin semuanya berjalan cepat tanpa peduli resiko disetiap tindakan.

tidak ada yang instan. mie instan saja perlu direbus dulu baru bisa dimakan. percayalah! nikmati prosesnya. karena hasil tidak akan pernah berkhianat.

wait, gue coba buat sepakat dengan ini tapi kenapa kita harus melalui prosesnya ? bukannya jika ada cara yang cepat tanpa ribet itu jauh lebih bagus?

begini bro / sis, saya mau tanya dijawab ya. kenapa bayi lahirnya kok gak dalam keadaan tubuh sudah tinggi 160 dengan berat 60 sambil megang ijazah sma, kan enak tu bisa langsung ikut test SBMPTN masuk perguruan tinggi?

nggak usah saya jelasin ya berarti sudah clear. kehidupan mengajarkan tentang betapa pentingnya proses. mulai dari belajar merangkak kemudian berlajar berjalan. setelah dewasa mulai deh bisa coba-coba kenalan sama cewek.

proses itu penting karena ialah yang membuat kita tambah sabar dalam keadaan apapun. jika anda sedang membangun sebuah bisnis, mulailah dari hulu kehilir. pelajari pelan-pelan tentang bussiness plan, akuntansi, hukum, surat-menyurat, membuat MOU kerja sama, membangun sebuah tim dan belajar ilmu marketing.

selamat menikmati proses!