fbpx
Get In Touch
Ketintang, Surabaya. 60231,
ask@zainalmultazam.com
Ph: +62 85706611112
Work Inquiries
ask@zainalmultazam.com
Ph: +62 85706611112

Jeff bezof orang Terkaya nomor 1 didunia, ini rahasianya!

Sekalipun di indonesia amazon.com tidak begitu nyentrik tetapi mungkin anda kenal dengan Jeff Bezos, pendiri marketplace terbesar di amerika bahkan didunia. bahkan amazon dulu pernah singgah sebentar di indonesia, sebentar banget!

Tercatat , Bezos menjadi orang terkaya nomer 1 di dunia pada tahun 2018 dengan total kekayaan 1.5 Billion Dollars. padahal sebelumnya Bill Gates pemilik Microsoft adalah orang terkaya di dunia nomer 1 kini tergeser menjadi terkaya nomor 2. sabar ya Bill cuma geser satu peringkat doang.

Bezos belum puas dengan kesuksesan amazon kini ia membangun bisnis-bisnis baru dibidang perawatan kesehatan, ekplorasi ruang angkasa dan masih banyak lagi. Untuk orang sekelas bezos pengen buka bisnis apa saja bisa. misal buka bisnis lalapan, gorengan, bisa! soal modal dan ilmu bisnis, bezos sudah terbukti tidak ada yang diragukan.

Salah satu rahasi Bezos yaitu ia bener-bener customer oriented, ia benr-bener berorientasi kepada pelanggan jangka panjang. ia tidak pernah peduli dengan pesaing, yang ia selalu fokusin yaitu kepuasan pelanggan. jadi ketika ada yang tanya kepada Bezos kenapa bisa jadi orang kaya nomer 1 didunia, jawabannya karena itu, customer oriented. catat!

selain itu ada 3 rahasia lagi yang menjadi prinsip Jeff Bezos seoarang terkaya nomor 1 didunia tahun ini (2018). simak baik-baik supaya ketularan.

1. Lingkaran tim terbaik

Amazon memiliki proses prekrutan karyawan yang sangat ketat. anda memiliki prestasi bagus bukan berarti bisa dengan mudah melamar pekerjaan di amazon. pertanyaan-pertanyaan yang aneh dan sepele kerap menjadi peluru sebagai tes interview, salah satu pertanyaan yang aneh yaitu ” berapa jumlah SPBU yang ada di Amerika?” jelas tidak ada hubungannya dengan pekerjaan di amazon, tetapi jangan salah pertanyaan ini sangat mengecohkan.

di amazon katanya evaluasi karyawan hampir dilakukan setiap hari, bukan tiap minggu apalagi tiap bulan. hal ini supaya kemampuan karyawan yang ada di amazon terus meningkat dan solid.

2. berhemat

Di era modern ini para startup bisnis doyan banget bakar uang investor. iklan digembor-gemborin dimana saja. saya naik mikrolet ada iklan anu, masuk wc ada iklan anu, buka hp ada iklan anu, pokoknya anu seolah-olah ingin ngehabisin duit lewat iklan. berbeda dengan amazon, amazon terbilang mirip dengan alibaba, perusahaan raksasa yang sangat pandai dalam berhemat. iklan perusahaan jarang tapi penggunanya dimana-mana.

3. berpikir besar

Dulu, Amazon pertama berdiri dikenal sebagai penjual buku online. sekarang, mau beli apa aja di Amazon ada. sebenarnya saat bezos membangun amazon, ia diam-diam pada tahun 2000 membangun sebuah bisnis baru yaitu Blue Origin. mungkin anda belum mengetahuinya, ya kan ? Blue Origin sebuah perusahaan ekplorasi ruang angkasa. saya curiga jangan jangan rakyat amerika sudah bosan tinggal di dunia. mereka ingin suasana luar angkasa. terbukti bukan hanya bezos, seperti elon mask dan ricard branson juga membangun bisnis yang serupa.

Itulah beberapa prinsip yang dirahasiakan Jeff Bezos. kira-kira selain Prinsip diatas apakah ada prinsip lain yang dirahasiakan Bezos ? bantu bocorkan rahasianya dibawah !

 

Tinggalkan Komentar