fbpx
Get In Touch
Ketintang, Surabaya. 60231,
ask@zainalmultazam.com
Ph: +62 85706611112
Work Inquiries
ask@zainalmultazam.com
Ph: +62 85706611112

Hai introvert, kamu perlu lakukan ini.

Jika anda adalah seorang extrovert mungkin aktivitas yang biasa anda lakukan lebih sering bersama teman – teman anda, belanja bersama, kemana mana bersama, intinya anda lebih sering bersama orang lain. Namun, bagi seorang introvert hal yang mungkin mereka lakukan adalah pergi kemana – mana sendiri, baca buku sendiri, main sendiri, intinya apapun yang mereka sukai mereka lakukan sendiri.

Memang tidak selamanya introvert melakukan sesuatu sendiri sih, namun umunya mereka lebih suka seperti itu.
Introvert buat sebagian besar orang adalah orang yang kaku dan membosankan. Sebagian besar extrovert beranggapan introvert itu tidak tahu bagaimana caranya bergaul, individualis, pokoknya horor dah, titik. Survey ternyata menunjukkan bahwa introvert itu merupakan kaum minoritas. Saya juga memperhatikan hal – hal yangterjadi disekitar saya hampir semua dilakukan secara bersama – sama.
Saat saya menulis tulisan ini saya sedang berada di café, just alone. saya lihat disekeliling ruangan berisikan 2 sampai 4 kursi dengan 1 meja di tengah. Ada banyak anak muda tertawa bersama duduk dikursi itu, ada juga yang membahas sesuatu hal yang kelihatannya cukup serius. Didalam dunia pendidikan saya juga banyak memiliki teman yang nyatanya berkecimpung di organisasi. saya tidak ingin membayangakan gimana jadinya jika dalam satu kelas kuliah hanya berdua antara saya dan dosen. apalagi soal bisnis, untuk berhasil butuh lebih dari sekedar menjadi single fighter dan berpura – pura everything still okey.
Sedih melihat para introvert, namun jika saya boleh buka kartu sedikit saja, saya adalah orang yang dominan introvert. Jika anda adalah orang yang berkepribadian kurang lebih mirip dengan saya, tenang tidak perlu berkecil hati. Anda adalah orang minoritas, loh!. Tidak banyak orang yang memiliki kepribadian seperti anda. Anda harus tahu bahwa introvert bukanlah orang yang anti sosial atau tidak suka bersama orang lain karena nyatanya ada waktu dimana anda bersama orang lain, bukan ?

saya yakin terkadang anda hanya lebih suka ketika anda bersama diri sendiri. Mari kita cari tau siapa  saja orang yang sukses nyatanya mereka introvert sama seperti anda. Anda kenal dengan bill gates ? merrisa mayer? warren buffet ? jokowi ?  dan zainal multazam ?  (plis jangan Tanya kenapa nama saya ikut nimbrung).
Ada beberapa tips untuk anda yang merasa sebagai  introvert supaya anda tetap bisa menjalin hubungan dengan orang lain. sekalipun anda tidak banyak menjalin hubungan namuan ketika anda menjalin hubungan, anda akan memiliki hubungan yang berkualitas.

1. Pastikan anda cukup percaya diri

Hal mendasar yang sering dialami introvert yaitu tidak percaya diri terhadap orang lain. Hal ini membuat introvert takut meskipun hanya untuk sekedar say “hai” kepada orang lain. Mereka lebih suka merunduk dan berpikir seolah olah mereka tidak melihat siapapun. Jangan lakukan hal itu, karena tindakan itu adalah kesalahan besar. Coba deh semisal anda bertemu dengan teman anda di jalan atau dimanapun cukup lihat saja wajahnya, jika dia merespon balik, anda lepaskan senyum kepadanya. merka tidak berharap anda menghampiri dan kemudian mengajak berjabatan tangan atau sekedar ingin memulai obrolan kosong seperti “lagi sibuk apa kamu?” ah, sok peduli.

Yang perlu anda lakukan,  berikanlah senyum tulus. hal itu sudah membuat mereka senang dengan anda.
Gak usah peduli apapun respon orang lain tentang anda. Anda tidak bisa mengendalikan respon orang lain terhadap anda. Melakukan sesuatu sendiri itu keputusan anda bukan karena tidak ada orang lain yang ingin bersama anda. Anda hanya bisa melakukan yang terbaik dan biarkan mereka memberikan responnya. That’s a simple thing to do, percaya deh. Jika anda terhadap diri sendiri saja tidak percaya lalu alasan apa yang orang lain miliki untuk menyukai diri anda ?. buang rasa takut atau pikiran jelek dikepala anda sekarang juga. Orang lain belum tentu memiliki pikiran buruk tentang anda seperti yang anda pikirkan saat ini.

Masih ada beberapa tips lagi yang ingin saya berikan kepada anda. Jika anda tertarik dengan artikel ini saya akan melanjutkan tips berikutnya yaitu : bagaimana supaya anda mendapatkan uang dari sikap introvert anda, bagaimana agar anda dijadikan teman yang dikagumi dan menjadi prioritas diantara yang lain, bagaimana agar anda memiliki jaringan hebat melalui internet, bagaimana agar hubungan anda berkualitas dengan orang lain, dan masih banyak lagi. Sebelum saya melanjutkan tips yang lain, bantu bagikan artikel ini ya !

Tinggalkan Komentar