pernahkah kamu berfantasi ingin menjalani hidup seperti orang lain? kadang itu terbesit dalam pikiran saya. “bagaimana ya rasanya hidup seperti si A kok kayaknya enak banget tiap hari keluar negeri”. hal biasa di era millenial.

di instagram misalnya, kita melihat orang yang kita follow ngadain party, ikut event keren, pergi ke hongkong dan tampilan fotonya yang kekinian banget. instagramable.

semakin kita penasaran tetang kehidupan orang lain, semakin ada rasa ingin tau lebih dari dirinya. alias KEPO. stalking instagramnya, tonton video youtube-nya dan selalu lihat insta storynya. nggak semua orang ketika penasaran dengan orang lain berarti mereka ingin kehidupan yang sama, cuma kesukaan kita terhadap kehidupan orang lain sering kali membuat kita berfantasi “kok enak banget ya hidupnya” lantas kemudian kita bertanya kepada diri sendiri bagaimana dengan kehidupanku sendiri.

buat sebagian orang pelarian dari diri sendiri untuk sementara waktu itu sudah cukup, tapi jika kamu ingin menjadi orang lain maksud saya kamu benar-benar berubah menjadi orang lain. nah hal-hal ini mungkin bisa membantu kamu untuk mewujudkan keinginanmu.

Alasan Yang Jelas

hal pertama yang perlu kamu tau sebelum berubah menjadi orang lain adalah alasan apa yang membuat kamu ingin berubah. jangan hanya karna hal sepele misalnya, mereka followernya banyak di sosial media terus kamu ingin meniru hidupnya. that’s wrong. BIG WRONG. ceritanya tidak akan sama.

alasannya harus jelas. kamu tanyakan ke dirimu sendiri dulu kenapa kamu benar-benar ingin menjadi seperti si dia. jika seudah menemukan alasan yang kokoh baru ke tahap berikutnya.

Fokus Memperbaiki Diri

kamu tau persis apa yang seharusnya dirubah. misal kebiasaan soal kesehatan. jika orang lain kelihatannya bagus di bagian tersebut fokuslah pada hal positif yang mereka lakukan. bukannya perubahanmu bertujuan untuk memperbaikin diri, ya?

Ingin Seperti Siapa

ini penting banget. sebelum ingin berubah pastikan sudah ada tokoh yang menjadi idolamu. karakter apa yang kamu suka dari dia. misalnya dia adalah artis, penulis, pengusaha, hal apa yang kamu kagumi dari mereka. kamu bisa merubah karaktermu pelan-pelan seperti mereka.

Stalking Idola

untuk menjadi orang lain, kamu perlu tau banyak tentang dia. kamu butuh pengetahuan yang lebih rinci tentang orang tersebut. biasanya mereka aktif di sosial media. kamu harus update terus tentang perkembangan dia supaya kamu tau lebih detail. dengan begitu kamu lebih mudah untuk merubah dirimu menjadi seperti mereka.

banyak baca biografinya cari di google, baca-baca artikel. kalo dia punya situs pribadi sering-seringlah kunjungi situsnya. biasanya semakin wawasan kita luas dalam hal apapun akan memudahkan kita menyelesaikan masalah tersebut. termasuk dalam hal ini.

jika ada kesempatan, coba temui langsung orangnya. hal ini kemungkinan susah sih. tapi gk ada salahnya dicoba dulu. biasanya mereka sering ada di acara tertentu, nah kamu bisa ambil kesempatan disitu.

Terakhir

Jika kamu memang ingin menjadi seperti orang lain tidak masalah tapi coba pikirkan kembali.

sebenanya kita terlahir dalam keadaan unik. kadang semut diseberang nampak jelas ketimbang gejah didepan mata. itulah manusia. dari pada merubah karakter menjadi orang lain justru lebih mudah membangun karakter yang sudah ada.

setiap orang punya keuninkannya masing-masing. orang yang kamu kagumi memang terlihat hebat, tapi mereka juga manusia sama seperti kita. punya msalah, pernah kecewa, pernah sengsara.

jangan terlalu berlebihan dalam mengidolakan orang lain. apalah arti dari perubahan jika kamu tidak menikmatinya. life is a journey. jalani jalan yang sudah tuhan tentukan untukmu.

yuk berlangganan :