Suka banget berbagi cerita sama orang lain bahkan sama orang yang baru aku kenal. mungkin karena aku type orang yang agak cerewet (padahal cerewet banget) sehingga berbagi tidak menjadi masalah lagi. gak harus hal-hal penting kok. bicara soal pengalaman sewaktu kejebak macet misalnya atau soal recehan di twitter dan meme di instagram.

salah satu kunci kebahagian adalah berbagi cerita. rasanya lega ketika berbagi cerita dengan orang lain. ketika aku cerita tentang meme lucu kemudian mereka tertawa wkwkwkw atau hehehehe rasanya seneng. atau ketika berbagi cerita inspiratif lalu mereka menjadi terinspirasi aku jadi merasa puas. eh puas apaan sih.. skip

percaya gak jika kita berbagi cerita ke 10 orang yang berbeda kita adalah satu-satunya orang yang paling diuntungkan. gini aku jelasin pelan-pelan biar ngerti. 10 orang tadi yang kita ceritakan wkwkwkw atau hiks..hiks.. dengernya dari 1 orang yaitu aku sendiri, sedangkan kita sehabis cerita ke 10 orang mereka pasti bales atau ngerespon cerita kita ya kan artinya kita dapet hal baru dari 10 orang tadi.

aku anggep kamu ngerti. jadi dari respons mereka kita menemukan 10 sudut pandang baru, menemukan 10 ide baru. berbagi cerita tidak harus spesifik dengan siapa kok. justru serunya cerita itu ketika random. cerita kesiapa aja ke orang-orang dijalan atau chat temen di whatsapp. disitu kita bakal nemuin banyak sudut pandang yang bikin wawasan kita bertambah.

hal baik lainnya dari sebuah cerita yaitu kita dapat merubah orang lain dari cerita-cerita kita. dari cerita kamu bisa ngajak orang lain melihat sebuah masalah dari sudut pandang yang berbeda. misal setelah mereka medengerkan cerita kita lalu mereka jawab oh iya bener juga ya… dari sebuah kata oh iya.. mereka akan berpikir begini, ternyata selama ini gue seharusnya begini beb. thanks ya bantuannya. gitu bambang. udah ngerti sampai disini?

karena memang pada dasarnya setiap orang selalu memiliki pertanyaan tentang dirinya. ketika ada cerita-cerita baik dari orang lain kadang ia akan terinspirasi. hakikatnya hidup ini tentang mencari something yang bikin hidup jadi lebih baik. tidak peduli perubahan untuk minggu ini – bulan depan -atau tahun depan. orang-orang selalu mencari something itu sampai ketemu.

disebuah taman ada seekor ulat berkata ‘hidup jadi ulat kok gini-gini amat ya, tau gitu mending jadi powerbank aja. dengan ke boringan itu ulat mengexplore hal-hal baru. ia merangkak ke atas pohon menempel di tangkai daun dan membentuk sebuah kepompong. beberapa waktu kemjudia ia menjadi seekor kupu-kupu cantik. ia keluar dari kepompong kemudian nyeletuk ‘untuk gue gak jadi powerbank‘. yaelahh labil.

metamorfosis itu penting. sebagaimana ulat berproses mejadi kempompong lalu jadi kupu-kupu, kita juga butuh bermetamorfosis. kita butuh keterampilan baru, hal-hal baru, kita butuh itu, catat!. dan untuk bermetamorfosis salah satunya kita berbagi cerita dengan orang lain.

tunggu…

tunggu sebentar aku mau nyeruput cappucino-ku dulu..

perumpamaannya begini. anggep aja gelas yang aku pegang sekarang cukup menampung cappucino sebanyak 50ml. jika saat ini gelas terisi penuh artinya aku tidak bisa mengisi lagi. sebanyak apapun yang aku tambahkan cappucino ke dalam gelas tetap isinya 50ml.

karena aku ingin minum 100ml cappucino jadi aku harus punya 2 gelas dengan ukuran yang sama. begitu juga dengan pikiran, jika kamu ingin menambah something dalam pikiranmu, hanya ada dua pilihan. ubah ukuran gelasnya menjadi lebih besar atau tambah gelasmu menjadi lebih banyak.

setalah kita merubah ukuran gelas atau menambah gelas tadi menjadi lebih banyak selanjutnya kita harus budayakan membayar. gak ada minuman yang gratis.

rumusnya begini:

semakin banyak kita membayar (cerita) semakin banyak kita mendapatkan cappucino (pengalaman). nah, semakin banyak kita berbagi cerita ke orang lain semakin banyak wawasan yang kita dapat. Jadinya semakin banyak kebahagian. semakin banyak sundut pandang baru. So, jika kamu membagikan apa yang kamu punya kamu akan menjadi lebih besar dari sebelumnya.

cheers!

*lanjut minum cappucino