fbpx
Get In Touch
Ketintang, Surabaya. 60231,
ask@zainalmultazam.com
Ph: +62 85706611112
Work Inquiries
ask@zainalmultazam.com
Ph: +62 85706611112

Bagaimana cara membiarkan masa lalu pergi dengan tenang

kenapa banyak dari kita menggendong masa lalu? rasanya begitu sulit membiarkannya lepas sebagai pengalaman yang sudah usai. padahal ia adalah penderitaan, kenapa sulit sekali untuk dilupakan.

bagi banyak orang, kita sering kali terjebak didalam kurungan masa lalu karena kita takut dengan kehidupan tidak menentu dimasa depan. kepastian pada dasarnya adalah hal yang diinginkan oleh semua orang. semua orang ingin hidupnya pasti aman, nyaman, tentram dan semua kebutuhan terpenuhi. anda juga begitu, bukan?

lengketnya kita dengan masa lalu sama seprti lem. semakin lama kita biarkan semakin sulit untuk dilepas. rasanya tidak enak aja, menutup lembaran lama dan mengisi kertas kosong tanpa sebuah kepastian dimasa depan. ironisnya sekalipun masa lalu hanya berisi penderitaan kita lebih memilih itu dari pada menginjak langkah baru tanpa tau apa yang akan terjadi.

Biasanya wanita lebih sulit melepaskan masa lalu. karena setiap kejadian padanya selalu dilapisi dengan emosi. mereka terus mengumpulkan lapisan demi lapisan emosi yang terjadi hingga akhirnya mereka merasa takut untuk melepaskan. kalo kata kid jaman now sulit move on.  beda dengoan pria, mereka lebih condong i don’t care with this. go ahead ! ini hanya pandangan secara umum saja sih. nyatanya ada wanita yang lebih strong dari yang saya kira. ini bukan soal gender. mungkin lebih tepatnya soal keberanian untuk bertumbuh. semakin tinggi semangat yang kita miliki semakin berani kita terobos masa lalu.

 

Jangan kebanyakan baper. tutup mata lalu mulai melangkah kedepan pelan-pelan. cara ini mungkin saja berbahaya kita tidak tau ada apa di depan. tapi lebih baik seperti ini dari pada diam terlalu banyak berimajinasi. banyak dari mereka jauh lebih memiliki pengalaman kelam tapi mereka mampu kok hadapi itu, kenapa anda tidak ?

ada pendapat lain ? tulis dikomentar

Tinggalkan Komentar