fbpx
Get In Touch
Ketintang, Surabaya. 60231,
ask@zainalmultazam.com
Ph: +62 85706611112
Work Inquiries
ask@zainalmultazam.com
Ph: +62 85706611112

Apakah anda memiliki rencana hidup ?

Jika anda adalah seorang yang memiliki kepribadian personal planner, anda pastinya sudah tau siapa anda, kemana tujuan anda, anda sudah banyak menghabiskan waktu untuk memikirkan dan melakukan hal -hal yang mendekatkan diri anda menuju rencana anda. artinya sepenuh hidup anda didedikasikan kepada rencana tersebut. tidak peduli apakah saat ini tujuan itu sudah tercapai atau belum paling tidak anda semakin mendekat.

Tidak banyak orang yang demikian, sebagian teman-teman saya ketika saya tanya apa tujuannya mereka menjawab ntahlah, belum ada rencana, ikuti alur hidup ini aja, dan blablabla. salah satu faktor yang membuat kita sering kali tidak memiliki rencana hidup adalah karena kita tidak membuat rencana itu sendiri, atau kadang kita ingin membuat rencana tapi tidak tau bagaimana caranya, right ?

first of all seblum anda membuat rencana hidup anda selama setahun kedepan, dua tahun kedepan atau untuk dua puluh tahun kedepan, anda harus sering tanyakan kepada diri anda sendiri tentang siapa anda. jika anda belum menemukan jawabannya anda bisa bertanya kepada teman anda tentang apa yang mereka lihat tentang anda, bisa dari segi kepribadian anda, passion anda, atau apapun tentang diri anda sebagai referensi supaya anda lebih mengenal diri anda.

kita harus sesering mungkin bertanya kediri kita sendiri tentang siapa saya ? kemana tujuan saya? kenapa saya ada disni bukan ditempat lain ? apa yang sudah saya lakukan hari ini mendekatkan saya dengan tujuan saya atau malah sebaliknya ? adakah orang yang dapat membantu saya mencapai tujuan saya ? berapa harga yang harus saya bayar untuk mencapainya ? dan masih banyak pertanyaan yang harus sering anda tanyakan kepada diri anda sendiri.

Coba lihat diri anda didepan kaca seolah -olah anda sedang berdebat dengan kembaran anda. curhatin semua tentang anda. saya bisasanya sering melakukan ini setiap hari, paling tidak saya bisa melihat jerawat saya yang terus membesar. kembali, sambil menatap wajah anda dengah penuh keseriusan anda harus jujur didepan kaca supaya anda tau sejauh mana anda saat ini berada.

second of all, setelah anda ingat rencana anda, ambilah secarik kertas atau bisa menggunakan kertas HVS untuk menulis rencana tersebut, biasanya saya menyediakan banyak sekali kertas HVS hanya untuk ora-oret. buat kerangkanya mulai dari tujuan-tujuan sederhana beserta deadlinenya.

setelah anda lakukan step diatas, selanjutnya anda harus mengukur apakah rencana anda itu logis atau tidak, apakah rencana itu dapat anda capai atau tidak. untuk bagian ini saya sebenarnya ingin membahas lebih mendetail di lain hari supaya anda tidak hanya sekedar menulis rencana kemudian salah strategi. jika anda tertarik untuk belajar bagian ini lebih jauh bersama saya anda bisa tinggalkan jejak dikolom komentar supaya saya tambah semangat untuk membagikannya *modus.

btw, gambar diatas tidak ada kaitannya, hanya untuk pemanis buatan.

 

 

1 comment

Tinggalkan Komentar