Hampir semua orang memiliki rasa penasaran bagaimana menemukan cara supaya bisa mencapai impiannya. mungkin salah satunya itu anda. anda mungkin kebingunggan terus-menerus sepanjang hari tanpa menemukan jalannya. sangat lucu ketika kita memikirkan kembali, ternyata ada tumpang tindih antara mimpi kita dengan rencana-rencana yang tak pernah terjadi. antara lucu dan menyesal itu sulit dibedakan.

hari ini saya tidak ingin membahas tentang bagaimana mencapai sebuah impian, tapi sebaliknya, hal-hal apa saja yang membuat kita tidak bisa mencapai impian kita. baca sampai selesai mungkin salah satu yang saya sebutkan disini hal yang sering anda lakukan.

percaya dengan sukses semalam

kalo kita lihat nih, nadiem makarim membuat aplikasi gojek kemudian sekarang sukses besar, william tunawijaya membuat tokopedia dan mendapatkan banyak uang, atau bisnis-bisnis disekitar kita padahal baru saja tahun kemarin buka sekarang gerainya bertebaran dimana-mana. cerita sukses mulai banyak bermunculan. anda mulai heran kok mereka bisa dan anda tidak. saya mau kasih tau, saya yakin kisah mereka memang benar, tapi pasti ceritanya tidak lengkap. ada potongan cerita yang tidak kita tau dari mereka.

jika anda mau mencari tau lebih jauh, mengenalnya lebih dekat dengan orang tersebut, pasti dibalik kesuksesannya ada kebangkrutan, pernah membuat banyak bisnis gagal, belajar ilmu bisnis sampai keluar negri, sebelumnya mereka bekerja selama puluhan tahun dibidangnya. inilah potongan kisah yang tidak pernah orang lain tau.

ini sangat menarik, saya ingat pertama kali terjun kedunia bisnis sejak SMK. untuk bertahan hidup saya tidur digubuk sekolah, saya jualan es teh, saya jualan kue, apapun saya jual dan saya juga ikut multilevel marketing. dan semua yang saya lakukan itu gagal. tidak ada kerja keras yang menghianati hasil, kini lambat laun sudah terbayar.

kisah sukses semalam anda merupakan hasil dari semua hal yang pernah anda lakukan selama ini. berjuanglah sampai anda lupa ternyata saat ini anda berada ditempat yang dulu anda idam-idamkan.

percaya bahwa orang lain memiliki jawabannya

orang lain ingin membantu kita. keluarga anda, teman anda, rekan kerja anda, semua orang ingin memberikan jalan untuk anda. saat ini ratusan pelatihan setiap bulan ada dimana-mana. mereka ingin memberikan jalan kepada anda tapi tidak semua jalan orang sama. anda harus membuat keputusan anda sendiri. tidak ada yang dapat memberi jawaban sempurna atas keseluruhan hidup anda. itu artinya anda harus membuat keputusan bukan? anggaplah itu bagian dari proses.

menyalahkan orang lain

saya sering menemuk orang berasalan atas kegagalannya.

‘saya memiliki ide bagus, tapi tidak ada modal’

‘saya sudah kerja keras, tapi tidak ada yang beli produk saya’.

jika kita berani membuat sebuah mimpi, kita harus berani membuat impian itu jadi nyata. iya, memang benar idenya bagus tapi tidak ada investor. iya benar, memang sudah kerja keras tapi tidak ada yang beli. tapi meskipun begitu itu tetap saja kesalahan anda.

anda berani bermimpi itu artinya anda harus berani membuat impian itu jadi nyata. tidak ada kesuksesan dibangun sendiri. dan jika orang lain penyebab kegagalan anda itu tetap kesalahan anda. belajarlah untu bertanggung jawab atas impian anda.

percaya bahwa yang paling penting itu impian

pada acara perlobaan lari maraton, setiap orang akan berlari sekencang-kencangnya, namun setelah sampai difinish mereka akan berhenti dan tidak berlari lagi. hidup tidak seperti itu, hidup tentang sebuah perjalanan panjang. orang-orang meliaht anda dari bawah berjuang dan mereka akan senang melihat anda berada dipucak. but, meraih sebuah mimpi itu sebenarnya hanyalah moment sesaat sedangkan hidup, tidak.  jadi, salah satu cara untuk mencapai sebuah impian, anda harus menikmatinya langkah demi langkah. anggap saja anda sedang berpetualang, setiap langkah adalah pelajaran. misal anda tersandung, itu hanya pelajaran. hanya ada dua hal dalam petualangan, ketika berhasil itu perayaan tapi ketika gagal itu pelajaran.

 

gimana? sudah ada gambaran harus ngapain?

yuk biasakan setelah baca tinggalakn komentar dibawah. dan terimakasih sudah menjadi pembaca setiap tulisan saya, hehe.

keep your dream!